Jumat, 30 Desember 2011

Ayo Lestarikan Orang Utan dengan Berwisata Alam




Arboretum Nyaru Menteng adalah sebuah konservasi dan  rehabilitasi Orang Utan. Terletak di sebelah Timur jalan raya Tjilik Riwut Km 28 dari Palangka Raya menuju Kabupaten Katingan, termasuk ke dalam wilayah Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Disana  pengunjung dapat melihata tindak-tanduk orang utan yang berada di kandangnya, selain disuguhi pemandangan orang utan dan uwak-uwak (sejenis kera langkah yang juga dilindungi disana) dengan alam yang masih dijaga kelestariannya pengunjung bisa tracking. Untuk kenyamanan areal tanah gambut yang tergenang air, tak perlu dikhawatirkan karena sudah disediakan jembatan-jembatan kayu disekeliling areal hutan. Didalam hutan kita bisa merasakan udara yang sejuk dan masih segar  dengan aneka ragam tumbuh-tumbuhan atau bunga yang jarang ditemui serta kicauan burung. 
Jika bosan di hutan, tidak jauh dari tempat penangkaran orang hutan ini terdapat danau Tahai. Tahai adalah sebutan danau dari bahasa dayak Kalteng. Tahai ini berupa danau kecil yang terbentuk konon kabarnya dikarenakan genangan air yang sudah lama akibat galian pasir. Selain itu Tahai juga terbentuk dikarenakan bekas aliran sungai yang alurya jadi berubah, sehingga terbentuk genangan air yang tidak mengikuti aluran sungai lagi. Keunikan dari danau-danau di Kalimantan adalah airnya yang merah disebabkan tanah gambut dan air-air dari akar-akar pohon di lahan gambut, dan kita juga bisa menjumpai rumah-rumah terapung atau disebut rumah lanting.
Masalah fasilitasnya disana sudah lumayan banyak, seperti titian jembatan dari kayu dimana titiannya membelah danau itu sendiri sehingga pengunjung bisa jalan-jalan sampai ke tengah danau bahkan ke seberang danaunya. Selain itu disini juga sudah terdapat gubuk-gubuk untuk menikmati pemandangan sambil bercengkrama dan melepas lelah. Ada juga kereta-kereta air dan tentunya juga ada musholla dan beberapa rumah yang bisa disewa.
Jadi selain liburan kita juga bisa ikut dalam pelestariaan orang utan. Dikatakan tempat-tempat alam yang ada di Kalimantan dijadikan sebagai ekowisata untuk melindungi budaya, kekayaan alam, dan sosial masyarakat setempat. Jadi dengan berwisata disana kita juga menudukung akan kelestarian alam setempat hanya dengan berlibur. Selamat liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar