Senin, 02 Januari 2012

Kuliah Senang Mahasiwa Fisip Sosiologi UB




WONOSARI- Pagi ini situasi sibuk terjadi di Gedung kuliah Bersama Fisip UB tepatnya sabtu (17/12) sebanyak 50an mahasiswa Sosiologi angkatan 09’ mengadakan kuliah sambil jalan-jalan di perkebunan teh Wonosari, Lawang. Tujuan dari kuliah ini untuk memberi sebuah pengalaman dan pembelajaran bagi para mahasiswa dalam melihat sebuah kebijakan sosial yang diberikan perusahaan teh kepada para karyawannya.  Kunjungan lapangan ini diadakan untuk memenuhi matakuliah Kebijakan Sosial yang diampu oleh Drs. Dwi Sulistyo MPA.  Didalam kunjungan tersebut Mahasiswa Sosiologi dapat melihat dari dekat proses awal pemetikan daun teh hingga daun tersebut diproses  menjadi teh yang siap untuk dipasarkan
Produksi dari kebun teh Wonosari dengan merek teh Rolas ini telah di ekspor ke berbagai Negara seperti Amerika dan Negara-negara Timur tengah. Ada sebuah kebijakan dalam produksi teh yang menyebutkan bahwa 90% produk teh Rolas dieskpor dan 10% sisanya untuk konsumsi dalam negeri tutur Abadi (45) selaku tourguide di kebun teh Wonosari. Teh yang ditanam di perkebunan ini ada dua macam yaitu teh Cina dan teh India. Perkebunan teh wonosari ini merupaka  peninggalan dari zaman Belanda dulu. Diawal berdirinya perkebunan ini sebenarnya ditanami cengkeh dan kayumanis. Setelah adanya permintaan yang meningkat perkebunan ini beralih fungsi menjadi perkebunan teh.
Mahasiswa Sosiologi yang mengadakan kuliah jalan-jalan ini dijamu dengan makan siang dan teh hitam produksi dari cap Rolas yang dinikmati di areal perkebunan tersebut. Disamping dapat menikmati teh yang masih segar, disana juga disediakan sarana rekreasi dan adanya area outbond juga. Dengan adanya kuliah senang ini Mahasiswa Sosiologi dapat melihat dan merasakan bagaimana  kebijakan yang diberikan perusahaan teh Rolas untuk mensejahterakan dan mengatur karyawan pabrik teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar