Senin, 02 Januari 2012

Panen Berlimpah Petani Apel



BUMIAJI - Tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para petani Apel  di kota Batu. Dengan hasil panen yang melimpah, mereka bisa menutup akhir tahun dengan hasil yang memuaskan. Kata Sutadji (40) pengelola kebun apel, tahun ini buah Apel yang dihasilkan begitu baik kualitasnya dan hasil sangat berlimpah. Menurutnya pohon apel tidak banyak terserang hama tanaman seperti tahun lalu. Kebun seluas 5000m2 miliknya menghasilkan buah apel sebanyak 5ton, padahal biasanya hanya menghasilkan 2-3 ton saja. hal tersebut tentu sangat menggembirakan bagi para petani Apel mengingat beberapa tahun terakhir hasil dan kualitas buah Apel cenderung menurun.
Buah apel yang berkualitas baik akan dikirim ke berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Sedangkan buah yang kualitasnya kurang akan diolah menjadi produk olahan seperti sari apel, kripik apel, dodol apel dan cuka apel. Dengan popularitas Apel Malang yang cenderung menurun tentunya produk olahan ini dapat menjadi alternatif lain bagi para konsumen untuk menikmati buah khas kota Malang.
Tepatnya di dusun Wonorejo kecamatan Bumiaji merupakan sentral dari perkebunan apel kota batu. Ada dua variasi buah Apel yang ditanam di perkebunan apel ini seperti apel manalagi dan apel ana. Adanya perkebunan Apel ini juga membawa berkah tersendiri untuk warga sekitar Bumi aji, warga dapat menjadi para buruh lepas pemetik apel bila masa panen tiba. Hal itu diungkapkan  oleh salah satu buruh wanita Winarti (27) asal desa Pancasila. Pekerjaan sebagai buruh pemetik apel membuat Winarti bisa memperoleh penghasilan tambahan lain. Dengan panen Apel yang melimpah ini tentunya membawa sebuah harapan untuk para petani apel, agar ditahun-tahun kedepan panen melimpah dapat mereka rasakan lagi dan Apel Malang kembali menjadi buah favorit bagi para wisatawan di kota Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar